Sinambela, Teresia Regina (2012) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X DI SMK PARULIAN I MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
08114276 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
708114276 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
708114276 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708114276 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
708114276 Abstrak.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708114276 Bab I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
708114276 Bab V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114276 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Parulian I Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X di SMK Parulian I Medan T.A 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian I Medan yang beralamat di Jl.SM.Raja No.23 Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 60. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanayak 2 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas X TKJ 30 orang siswa dan kelas X RPL 30 orang siswa, yakni kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan kelas X RPL sebagai kelas ekperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament.Instrument yang digunakan untuk mengukur aktvitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk test pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan hasil aktivitas, uji homogenitas menggunakan uji f dan uji hipotesis mengunakan Uji-T berpasangan dan tidak berpasanganDari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pemebelajaran Group Investigation, dengan nilai post-test 78,67; dan SD=11,21 sedangkan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament, diperoleh nilai post-test 81,67dan SD= 8,27.Berdasarkan pengujian statistic diperoleh thitung = 1,86 dengan ∝ = 0,05 dan ttabel = 2,0021. Maka t_hitung< t_tabel (1,86<2,0021). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran kewirausahaan di SMK Parulian I Medan T.A 2011/2012. Pada uji t berpasangan terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test antara dua model pembelajaran. Dimana uji t pada eksperimen I lebih rendah daripada eksperimen II atau -7,38< -18,8. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan pengaruh hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sin p |
Keywords: | Aktivitas dan Hasil Belajar Kewirausahaan; Model Pembelajaran Group Investigation dan Teams Games Tournament |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13170 |