Utami, Vidiyah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG I T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK swasta Pembangunan Galang I dengan penerapan model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Pembangunan Galang I yang terletak di Jln. Pendidikan Gg. SPG Lingkungan VII Galang Deli Serdang – Sumut. Waktu peneltian dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2011/ 2012. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 34 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan melalui model pembelajran Student Fasilitator And Explaining. Teknik pengumpulan data dengan memberikan pre-test dan pos-test. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif. Dari analisis diperoleh data awal pada pre-tes memperoleh 15 (45%) dengan rata- rata skor 66. Data pos-test siklus I memperoleh 23 (67%) dengan nilai rata-rata skor 70,5, sedangkan pada siklus II terdapat 30 (88%) dengan nilai rata-rata skor 79. Peningkatan nilai dapat dilihat dari kamampuan siswa atas nilai yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 8,5 dengan peningkatan persentase sebesar 21 %.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara Student Fasilitator And Explaining pada standar kompetensi membangun visi dan misi usaha dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Swasta Pembangunan Galang I T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Uta p |
Keywords: | Studen Fasilitator And Explaining; Hasil Belajar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13167 |