Pasaribu, Hotma Tarida (2012) HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS GAJAH MADA MEDAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114152 Judul.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
708114152 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (704kB) | Preview
708114152 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
708114152 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
708114152 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
708114152 Abstrak.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
708114152 Bab I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
708114152 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
708114152 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian terdapat suatu masalah yang harus di bahas dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut, dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, Bagaimana komunikasi guru ekonomi dengan siswa kelas XI IPS di SMA Gajah Mada Medan, mengapa tenaga pendidik kurang mampu dalam mengkomunikasikan materi yang diajarkan., mengapa siswa tidak bisa memahami seluruhnya bahasa yang ada dalam buku pelajaran, Tenaga pendidik kurang berwawasan dalam mengkomunikasikan materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari., apakah ada hubungan komunikasi efektif dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Gajah Mada.Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui komunikasi efektif di kelas XI IPS SMA Gajah Mada Medan. Untuk mengetahui prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Gajah Mada Medan Untuk mengetahui hubungan komunikasi efektif dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Gajah Mada Medan.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dialkukan dengan, observasi, dokumentasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Gajah Mada Medan yang beralamat di Jalan H.M Said No. 19. Jumlah populasi dalam penelitian ini 110 orang yaitu sebanyak 3 kelas, dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 85 orang. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product Moment antara komunikasi efektif ( X ) dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI (Y) diperoleh harga koefisien sebesar 0.4111 dengan tingkat hubungan sedang, selanjutnya harga korelasi ini dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% diperoleh harga rTabel 0.213 maka dapat dikatakan saat ini rhitung>rtabel (0.4111 > 0.213). artinya semakin efektif komunikasi antara guru dengan siswa maka prestasi belajar siswa akan semakin baik, berdasarkan hasil perhitungan uji t, maka diperoleh thitung = 4.110, sehingga thitung>ttabel ( 4.110 >1.66342) dengan taraf signifikansi 95% atau 5% dengan dk = 85 – 2 = 83.Dari hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi efektif dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS Gajah Mada Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Pas h |
Keywords: | Prestasi; Komunikasi; Komunikasi Efektif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13154 |