Siahaan, Tri Maya Sari (2012) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110044 Cover.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
081277110044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
081277110044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
081277110044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
081277110044 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
081277110044 Bab I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
081277110044 Bab V.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
081277110044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Sibolga Tahun Ajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, angket dan Studi Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yaitu 388 orang dan diambil sampel sebanyak 15% dari seluruh jumlah populasi, maka yang menjadi sampel adalah 60 orang, diambil secara acak random. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan korelasi product moment oleh pearson. Untuk mengetahui pengaruh antara Ketermpilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linear sederhana. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat signifikansi keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji korelasi product moment, diperoleh koefisien korelasi = 0,565 sedangkan = 0,254 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5% dengan demikian > maka hipotesis dapat diterima. Untuk memprediksi pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus regresi linear sederhana yaitu a + bx dan diperoleh hasil Y = 67,198 + 0,067x. Kemudian guna mengetahui tingkat signifikansi keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa digunakan rumus uji t, diperoleh = 5,215 sedangkan = 1,671 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5% dengan demikian > ,. Sehingga hipotesis yang dirumuskan menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sibolga Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Sia p |
Keywords: | Keterampilan Guru Mengajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13122 |