Marice and Friska, Junita and Mahriyuni PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA PRANCIS MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN ACTIVITES LUDIQUES DENGAN SISTEM PENILAIAN STANDAR EROPA (CECR). -, - (-). pp. 34-48. ISSN -
Table Of Content.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Full Text.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana kemampuan mahasiswa menulis bahasa Prancis dalam mata kuliah expression écrite sebelum dan setelah menggunakan teknik activités ludiques, 2) Apakah model pembelajaran menulis peringkat A2 menggunakan teknik activités ludiques dengan sistem penilaian standar Eropa (CECR) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar menulis (expression écrite) mahasiswa bahasa Prancis.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan kelompok kontrol hanya postest bentuk tes formatif menulis dan angket dengan jawaban terbuka. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kelompok post test siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan (mean sebesar 79,13) dengan kelompok siswa kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan (mean sebesar 63). Hal ini berarti kemampuan akhir mahasiswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan lebih baik daripada hasil belajar mahasiswa kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Kedua, terdapat peningkatan kompetensi menulis bahasa Prancis mahasiswa Unimed pada Niveau A2 setelah diberikan pembelajaran dengan teknik activités ludiques menggunakan sistem penilaian CECR.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Model menulis; Activités ludiques; Penilaian CECR |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 06:32 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1312 |