Hasibuan, Syawaluddin (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADYAH 5 KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441050 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709441050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
709441050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709441050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709441050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709441050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
709441050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709441050 BAB I.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
709441050 BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
709441050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang cenderung konvensional dimana terjadi hanya berupa penyampaian satu arah dari guru sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Kewirausahaan kelas X AP di SMK BM Muhammadyah 5 Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP2 dan AP1 SMK BM Muhammadyah 5 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AP2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 orang dan X AP1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 43 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,56 dengan standar diviasi 13,30. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 55,58 dengan standar deviasi 12,82. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,743 dan ttabel sebesar 1,659. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel (5,743 > 1,659) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas X AP SMK BM Muhammadyah 5 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Has p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; NHT; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Apr 2021 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13075 |