Samosir, Katharina Novia Ira (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. cover.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5.ABSTRAK Bahasa Indonesia & Inggris.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. Bab I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
11. Bab V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran kearsipan kelas XI SMK PAB 2 Helvetia T.P 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model TheLearning Cell terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas XISMK PAB-2 Helvetia T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas XI AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2013/2014yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelasXI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP3 sebagai kelas kontrol.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel randomsampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasilbelajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal.Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimensebesar 33,05 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 21,00, Dan skor rata-ratapost-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 74,48 Rata-rata hasil belajarpada kelas kontrol 61,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yangdiajarkan dengan model pembelajaran The Learning Cell lebih tinggi dari hasilbelajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasilpengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% dan α =0,05 diperoleh t hitung = 2,777 sedangakan tabel = 1,672. yang berarti t hitung > ttabel yaitu 2,777 > 1,672 maka hipotesis diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa padamata pelajaran kearsipan setelah diterapkan model pembelajaran The LearningCell mengalami peningkatan dari hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Sam p |
Keywords: | Hasil belajar; Learning cycle; Model pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13062 |