PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK PAB-2 HELVETIA T.P2013/2014

Bancin, Lennida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK PAB-2 HELVETIA T.P2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran korespondensi kelas X SMK PAB 2 Helvetia T.P 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajarantipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran Korespondensi kelas X SMK PAB-2 Helvetia T.P2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMKPAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 4 kelas. Sampelyang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimendan X AP4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah simple random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian eksperimen.Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teshasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal. Dari analisa datadiperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 39,37 dan padakelas control diperoleh sebesar 38, Dan skor rata-rata post-test pada kelaseksperimen diperoleh sebesar 72,62 Rata-rata hasil belajar pada kelas controlr59,87. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan denganmodel pembelajaran STAD lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkandengan metode pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis denganmenggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung = 6,30sedangakan ttabel = 1,63. yang beratithitung > ttabel yaitu 6,30 > 1,673 maka hipotesisditerima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada matapelajaran korespondensi setelah diterapkan model pembelajaran tipe StudentTeams Achievement Divisions (STAD) mengalami peningkatan dari hasil belajarsebelumnya walaupun belum mencapai KKM yang ditetapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 651.750 719 Ban p
Keywords: Model pembelajaran; STAD; Hasil belajar; Konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 25 Apr 2018 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13033

Actions (login required)

View Item
View Item