Adjie, Septia Damayanti (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA YPI DHARMA BUDI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114252 Cover.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
708114252 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
708114252 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
708114252 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
708114252 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114252 Bab I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
708114252 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708114252 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling, dimana sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 yang masing-masing berjumlah 35 orang siswa. Kelas XI IPS-1 diajar dengan metode resitasi dan kelas XI IPS-2 diajar dengan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah test essay sebanyak 5 soal yang dikutip penulis dari buku teks siswa yang dianggap sudah baku, sehingga validitas dan rehabilitasnya telah teruji. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil data yang diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 65,857 dengan standar deviasi 8,44 dan nilai mean kelas kontrol 60,143 dengan standar deviasi 8,87. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk (n1 + n2 - 2) pada α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,697 dan ttabel = 1,668. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,697 > 1,668 dengan kata lain Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta YPI Dharma Budi tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Adj p |
Keywords: | Metode Pembelajaran Resitasi; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13014 |