Mayanti S., Mayanti S. (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114194 Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
708114194 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
708114194 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
708114194 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
708114194 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
708114194 Bab I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
708114194 Bab V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
708114194 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak 1 SMK Swasta Raksana 2 Medan dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Lottery Card Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Raksana 2 Medan yang beralamat di Jln.Gajah Madah no 20 Medan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 di SMK Swasta Raksana 2 Medan yang terdiri dari 28 Orang siswa. Objek penelitian ini adalah Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Lottery Card. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas ketika proses pembelajaran berlansung dan pemberian tes berbentuk essay yang diambil dari buku paket yang telah disetujui oleh guru. Adapun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan.Data hasil observasi aktivitas siswa memperlihatkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat 8 orang (28,57%) siswa untuk kriteria aktif dan sangat aktif dengan persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 64,96%. Pada siklus II aktivitas meningkat menjadi 24 orang (85,71%) siswa untuk ktriteria Aktif dan sangat aktif dengan persentase rata-rata aktivitas sebesar 76,57%. Sehingga terdapat peningkatan aktivitas sebesar 11,61%. Selanjutnya, data nilai hasil belajar siswa pada siklus I 20 siswa yang tuntas (71,43%) yang tuntas dengan dengan rata – rata nilai 74,57. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 24 orang (85,71%) siswa dengan nilai rata-rata 82,86. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 14,28% dengan kenaikan rata-rata sebesar 8,29 poin. Dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% maka hasil belajar siswa dinyatakan tuntas.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Lottery Card dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ak 1 pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian dan Laporan Keuangan di SMK Swasta Raksana 2 Medan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 May p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Lottery Card; Aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13009 |