Hutabarat, Erikson (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK-2 SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114124 Cover.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114124 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
708114124 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
708114124 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
708114124 Abstrak.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114124 Bab I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
708114124 Bab V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708114124 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak-2 SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dengan Students Facilitator and Explaining di kelas XI Ak-2 SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Raksana 2 Medan yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 20 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak-2 yang berjumlah 35 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dengan Students Facilitator and Explaining untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,82 yang termasuk dalam kriteria Cukup Aktif, dimana siswa yang aktif 8 orang (22,85%), cukup aktif 11 orang (31,42%) dan kurang aktif 16 orang (45,73%). Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 23,65 yang termasuk dalam kriteria Aktif, dimana siswa yang sangat aktif 9 orang (25,71%), aktif 14 orang (40%), cukup aktif 7 orang (20%), dan kurang aktif 5 orang (14,29%). Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 57,14 dengan siswa yang tuntas 6 orang (17,14%) dan tidak tuntas 29 (82,86%) sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,48 atau terjadi peningkatan sekitar 9,34 poin, dengan siswa yang tuntas 14 orang (40%) dan tidak tuntas 21 orang (60%). Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,42 atau mengalami peningkatan 13,94 poin dari siklus I, dengan siswa yang tuntas 31 orang (88,57%) dan tidak tuntas 4 (11,43%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dengan Students Facilitator and Explaining pada materi Biaya Overhead Pabrik (BOP) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI Ak-2 SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Hut p |
Keywords: | Kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dengan Students Facilitator and Explaining; Aktivitas dan Hasil belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13005 |