PENGARUH BEBERAPA MATA KULIAH DASAR-DASAR MENGGAMBAR TERHADAP MENGGAMBAR MODEL

Mesra (2014) PENGARUH BEBERAPA MATA KULIAH DASAR-DASAR MENGGAMBAR TERHADAP MENGGAMBAR MODEL. Jurnal Bahas, XL (91). pp. 47-55. ISSN 085-8515

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Cover, Table Of Content.pdf]
Preview
Text
Cover, Table Of Content.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa seringkali kesulitan menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan menggambar model. Persoalannya adalah tidak mudah mencapai kemiripan bentuk sesuai dengan model yang ditiru. Modelnya adalah manusia. Secara umum wajah manusia tidak ada yang sama (fitrah penciptaan manusia). Tuntutan menggambar model adalah menghasilkan gambar manusia yang sangat mirip terhadap modelnya, seperti halnya hasil foto seseorang yang diperoleh melalui alat kamera. Latihan-latihan keterampilan dasar yang dilakukan mahasiswa secara cermat akan membantu mereka mampu meniru model dengan mirip. Latihan-latihan tersebut sudah diaplikasikan pada beberapa matakuliah Dasar-Dasar Menggambar yaitu menggambar sketsa, menggambar anatomi plastis, dan menggambar bentuk. Ketiga mata kuliah tersebut menjadi prasyarat untuk dapat mengikuti mata kuliah menggambar model. Jika mahasiswa dapat menyelesaikan matakuliah-matakuliah prasyarat itu dengan baik (konversi nilai di atas 80) diperkirakan mahasiswa juga akan dapat menyelesaikan tugas-tugas matakuliah gambar model dengan baik. Sebaliknya mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan kuliah prasyarat dengan baik, maka akan mengalami kesulitan menyelesaikan mata kuliah menggambar model.

Item Type: Article
Keywords: Pengaruh; Matakuliah dasar-dasar menggambar; Menggambar model
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 04 Apr 2016 08:22
Last Modified: 08 Apr 2016 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item
View Item