Situmorang, Marlinawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA BUDI MURNI 3 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310089 COVER.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
0708310089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
0708310089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
0708310089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708310089 BAB V.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
708310089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708310089 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708310089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
708310089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
708310089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
708310089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan strategi Everyone is a Teacher Here kelas XII IPS di SMA Budi Murni 3 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 3 Medan yang terletak di Jl. Teratai No. 21A Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 26 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan strategi Everyone is a Teacher Here.Dari analisis diperoleh data test awal jumlah siswa yang tuntas 4 orang dengan niali rata-rata 58,27. Dan hasil belajar siklus I dengan jumlah siswa yang tuntas 11 orang dengan nilai rata-rata 67,12. Sedangkan hasil belajar siklus II dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang dengan nilai rata-rata 77,69. Dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh persentasi 7,69% kategori sangat baik dan 50% kategori baik, sedangkan pada siklus II kategori aktivitas sangat baik menjadi 19,23%, kategori baik menjadi 69,23%. Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh r_xy sebesar 0,82 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 67,24% dalam meningkatkan hasil belajar.Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan strategi Everyone is a Teacher Here pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang kelas XII IPS di SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan strategi Everyone is a Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan strategi Everyone is a Teacher Here |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12966 |