Safriani, Dahlia (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA SWASTA PRAYATNA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310023 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
708310023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
708310023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
708310023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
0708310023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708310023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
708310023 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
708310023 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
708310023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya motivasi da hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 di SMA Swasta Prayatna. Penelitian ini di laksanakan di SMA Swastra Prayatna yang beralamat di Jln. Letda Sujono. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2 SMA Swasta Prayatna yang berjumlah 48 orang.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalan penelitian ini adalah menggunakan tes dan angket motivasi belajar untuk melihat tingkat motivasi belajar siswa.Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan berdasarkan reduksi dan penyajian data. Dari hasil analisis diperoleh data pretest sebagai hasil belajar awal belajar siswa dengan 23, 68% (9 orang) yang tuntas dengan nilai rata-rata 61,32. Data postest I dengan rata-rata nilai 66,55 dengan 39,47% (15 orang) siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data postest siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,95 dengan 86,84% (33 orang) siswa yang mencapai kriterian ketuntasan minimum (KKM). Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I ke siklus II sebesar 47,37%. Hasil angket motivasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat motivasi siswa pada siklus I sebesar 28,95% atau 11 orang yang termotivasi dan pada siklus II sebesar 86,84% atau 33 orang yang termotivasi. Hal ini menunjukkan peningkatan motivasi peningkatan motivasi siswa sebesar 57,89%. Korelasi product moment dengan rxy = 0,9503 atau dinyatakan dalam Determinan sebesar D = 90,31% yang artinya bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi sebesar 90,31%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dikelas XII IS 2 SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Hal ini berarti bahwa model pembelajaran artikulasi dapt digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Saf p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Artikulasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12950 |