SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF

Harahap, Diniyah Puteri (2014) SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 67-76. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru Bahasa Inggris melaksanakan pembelajaran aktif melalui penerapan supervisi akademik teknik workshop. Hipotesis tindakan adalah Penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajran aktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Rayon 5 Medan. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai bulan Januari 2014 sampai dengan maret 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMA Rayon 5 Medan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi. Aspek kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Aktif adalah (1) aspek kegiatan membuka pelajaran (2)aspek penggunaan Bahasa (3) aspek penguasaan bahan belajar/materi pelajaran (4) aspek pendekatan atau metode strategi pembelajaran (5) aspek pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan kelas (6) apek penggunaan media/ alat, sumber pembelajaran (7) aspek kegiatan menutup pembelajaran (8) aspek tindak lanjut. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa penerapan supervisi akademik teknik Workshopdapat meningkatkan pembelajaran aktif

Item Type: Article
Keywords: Supervisi akademik; Pembelajaran aktif; Workshop; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:12
Last Modified: 24 Feb 2017 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item
View Item