MELALUI PELATIHAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 KLUET UTARA ACEH SELATAN

Purnama, Muhammad Siddiq Rizki (2014) MELALUI PELATIHAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 KLUET UTARA ACEH SELATAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 52-66. ISSN 1979-6684

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 melalui pelatihan di SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan. Untuk menjawab permasalahan penelitian, diajukan hipotesis yaitu: pemberian pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika SMAN 1 Kluet Utara melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Guru dianggap berhasil jika mencapai nilai dalam rentang kategori baik sesuai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Hasil tahap observasi pada siklus ke satu yang sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Hasil dalam tahap observasi yang belum sesuai kriteria keberhasilan akan diperbaiki pada siklus ke dua. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pelatihan terhadap guru matematika SMA Negeri 1 Kluet Utara ternyata dapat meningkatkan kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil dalam tahap observasi pada siklus I dan siklus II. Pada hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I guru memperoleh nilai 3,71 dan pada siklus II menjadi 4,63 atau meningkat sebesar 92 poin. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat ditingkatkan melalui pelatihan.

Item Type: Article
Keywords: Kompetensi; Kurikulum; Pelatihan; Guru; Pembelajaran; Rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2017 08:40
Last Modified: 24 Feb 2017 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item
View Item