Purba, Abdinisura (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 41-51. ISSN 1979-6684
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru menerapkan teori belajar konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah melalui supervisi akademik pendekatan direct instruction yang dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu: review, presentasi, latihan terbimbing dan latihan mandiri. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Merdeka selama dua bulan yaitu bulan Januari s.d Februari 2014. Hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus I: hasil tes sebesar 72,04; membuat RPP sebesar 74,89 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 70,36. Sedangkan hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus II: hasil tes sebesar 87,78; membuat RPP sebesar 89,11 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 86,66. Nilai rata-rata kemampuan guru meningkat dari siklus I sampai siklus II. Disarankan kepada pengawas sekolah dapat memilih alternatif solusi melaksanakan supervisi akademik yaitu dengan melakukan pendekatan direct instruction; kepada kepala sekolah hendaknya berupaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar; kepada guru Elektronika bahwa menerapkan strategi belajar konstruktivisme sebagai salah satu alternatif solusi terhadap pembelajaran yang berpusat kepada siswa; hasil penelitian tindakan sekolah ini perlu ditingkatkan dan disempurnakan pada penelitian selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Konstruktivisme; Supervisi akademik; Direct instruction; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Feb 2017 08:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2017 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1292 |