Harahap, Milanti (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IS SMA NEGERI 1 KISARAN, TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310099 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
708310099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708310099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
708310099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
0708310099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
708310099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
708310099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708310099 BAB I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
708310099 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708310099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 165 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang, dimana kelas XI IS 3 diberi pengajaran konvensional dan kelas XI IS 4 diberikan pengajaran dengan model pembelajaran creative problem solving. Cara pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan postes kepada siswa sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas. dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving lebih tinggi yaitu 80,83 dan SD = 9,01 sedangkan rata - rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 68,83 dan SD 10,23. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh thitung = 5,41 dengan α = 0,05 dan ttabel 2,002, maka thitung > ttabel (5,41 > 2,002) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Har p |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12919 |