Sinaga, Ennis (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 SMK N 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114122 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
708114122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
708114122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
0708114122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
708114122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
708114122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
708114122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114122 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
708114122 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 1 melalui penerapan model pembelajaran Time Token dengan Teknik umpan balik di SMK Negeri 1 MedanPenelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Time Token dengan Teknik umpan balik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes dalam bentuk essay test dan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data dan sajian data.Dari data angket motivasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 40 orang siswa terdapat 3 orang (7,5%) siswa untuk kategori motivasi tinggi , 17 orang (42,5%) siswa untuk kategori motivasi sedang , dan motivasi rendah sebanyak 20 orang (50%) siswa. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 23 orang (57,5%) siswa untuk motivasi tinggi, , 14 orang (35%) siswa untuk kategori motivasi sedang dan 3 orang (7,5%) siswa untuk kategori motivasi rendah. Selanjunya data hasil belajar menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I pretes nilai rata-rata 60,87, jumlah yang tuntas 12 orang (30 %), sedangkan pada saat postes nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 68,5 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orang (60%). Perolehan ini belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yaitu 70%. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas yaitu 80, dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 36 orang (90%). Siklus ini mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 30%.Dari hasil belajar dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dengan Teknik umpan balik pada kompetensi dasar syarat pembayaran dan penyerahan barang dikelas X Ak 1 SMK Negeri 1 Medan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti Model Time Token dengan teknik umpan balik dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sin p |
Keywords: | Model pembelajaran Time Token; Teknik umpan balik; Motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12918 |