Lubis, Rano Krisno (2014) MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI SUPERVISI KLINIS. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 25-31. ISSN 1979-6684
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) melalui supervisi klinis di SMK Negeri 1 Kutacane. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (action research), melibatkan 4 orang guru akuntansi sebagai sampel penelitian. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dan studi pendahuluan dari guru-guru bidang studi akuntansi yang belum mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri atas instrumen kemampuan guru menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan instrumen penerapan keterampilan siswa dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Skor rata-rata pada siklus I untuk setiap parameter yang disebutkan sebelumnya adalah 75,57% dan 77,17%. Skor yang diperoleh pada siklus II naik secara signifikan untuk setiap parameter yaitu 82,67% dan 82,88%. Berdasarkan hasil akhir penelitian maka dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru akuntansi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Kompetensi; Guru; Pembelajaran kooperatif; Supervisi klinis |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 03:12 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1291 |