Sijabat, Naomi (2012) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI STUDENT RECAP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114207 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
708114207 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
708114207 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
708114207 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
0708114207 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708114207 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114207 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114207 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114207 BAB I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
708114207 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
708114207 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan mengimplementasikan model pembelajaran The Power Of Two dengan strategi Student Recap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Prayatna-1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna-1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 semester Genap . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK-2 yang berjumlah 38 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran The Power Of Two dengan strategi Student Recap. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar serta lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal adalah 55,26% . Pada siklus II persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 89,47% , menujukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebesar 34,21%. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 28,9% siswa masih tergolong kurang aktif, 39,5% tergolong kriteria cukup aktif, 26,3 % tergolong aktif, 5,3 % tergolong sangat baik atau sangat aktif , sedangkan pada siklus II 2,6% siswa tergolong kurang aktif, 10,53% siswa tergolong cukup aktif, 60,57 siswa aktif dan 26,3% siswa tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa. Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungan uji korelasi diperoleh hubungan antara aktivitas (Variabel X) dengan hasil belajar (Variabel Y) dimana r_xy = 0,821 dan rtabel dengan n =38 adalah 0,263 sehingga rhitung > rtabel (0,821 > 0,263) yang berarti menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas tinggi maka hasil belajar juga akan tinggi sebesar 0,821. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 38+38-2 = 74 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,438 dan ttabel = 1,665. sehingga thitung > ttabel (8,438>1,665). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan.. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran the power of two dengan strategi student recap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-2 SMK Prayatna-1 Medan tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sij i |
Keywords: | Aktivitas belajar akuntansi; hasil belajar akuntansi; model pembelajaran the power of two dengan strategi student recap |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12903 |