Panjaitan, Tuah (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-I SMA YPI AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310165 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
708310165 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
708310165 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
0708310165 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708310165 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
708310165 BAB I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
708310165 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
708310165 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS-1 SMAYPI Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Question Student Have dengan Problem Posing di kelas XI IS-I SMAYPI Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMAYPI Amir HamzahMedan yang beralamat di Jalan Meranti No.1 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-I yang berjumlah 40 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Question Student Have dengan Problem Posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Adapun analisis data dengan menggunakan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 22,5% yang termasuk dalam kriteria Cukup Baik. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 42,5% yang termasuk dalam kriteria Baik. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 58,12 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,87 atau terjadi peningkatan sekitar 8 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 77,25 atau mengalami peningkatan 10,38 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Question Student Have dengan Problem Posing pada materi Laporan Keuangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS-I SMAYPI Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Pan p |
Keywords: | Model pembelajaran Question Student Have; Problem Posing; Aktivitas; Hasil belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 06:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12901 |