Sihombing, Eka Sartika (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK 2 SMK SWASTA BM TELADAN MEDAN TAHUNAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114109 COVER.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
708114109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
708114109 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
708114109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
708114109 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
708114109 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114109 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
708114109 BAB I.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
708114109 BAB V.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
708114109 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual di SMK Swasta BM Teladan Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta BM Teladan Medan yang terletak di JL. Pukat IV No. 52 Medan tahun ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AK 2 SMK Swasta BM Teladan Medan yang berjumlah 26 orang dan objek penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya 29% menjadi 72% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 43%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 26 siswa hanya 14 (58%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,16 menjadi 21 siswa (84%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,80. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 70. Dari uji korelasi antara aktivitas (X) dan hasil belajar (Y), diperoleh r_xy=0,62 yang menunjukkan hubungan yang positif (tinggi), artinya jika aktivitas belajar siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Strategi Pembelajaran Kontestual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menyajikan laporan harga pokok produk di kelas XII AK 2 SMK Swasta BM Teladan Medan T.A 2012/2013. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dengan strategi pembelajaran kontekstual dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sih p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Snowball Throwing; Strategi Pembelajaran Kontekstual |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12893 |