Suci, Wulan (2015) HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KABANJAHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7103141152 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. 7103141152 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. 7103141152 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
4. 7103141152 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. 7103141152 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. 7103141152 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 7103141152 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. 7103141152 BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. 7103141152 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. 7103141152 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kabanjahe T.P 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 268 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil 15% secara random sampling yang berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi yang diukur dengan uji validitas angket menggunakan rumus product moment dan reliabilitasnya dihitung dengan cronback alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji koefisien korelasi dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus uji-t diolah secara statistik dengan SPSS 17.0 Dari hasil perhitungan menggunakan uji korelasi product moment didapat rhitung sebesar 0,741 sedangkan rtabel sebesar 0,312 dari hasil tersebut diketahui bahwa rhitung > rtabel atau 0,741 > 0,312. Koefisien korelasi bertanda positif, hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara sosial ekonomi (X) dengan prestasi belajar siswa (Y). artinya semakin tinggi sosial ekonomi maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. kemudian hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung sebesar 5,096 dibandingkan dengan ttabel = 2,024 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk = N-2 maka didapat thitung > ttabel (5,096 > 2,024) sehingga dinyatakan hipotesis diterima atau terdapat hubungan yang positif antara sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kabanjahe T.P. 2014/2015. Berdasarkan perhitungan dan analisis data maka hipotesis mengatakan “Ada Hubungan Sosial Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Kabanjahe T.P 2014/2015”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 2 Suc h |
Keywords: | Sosial Ekonomi; Prestasi Belajar;Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12880 |