Banurea, Julia R.S. (2012) THE INCREASING OF LEARNING ACTIVITY AND LEARNING RESULT IN ACCOUNTING SUBJECT TROUGH THE IMPLEMENTATIONOFCOLLABORATION MARRYGO ROUND LEARNINGMODEL AND STUDENTFACILITATOR ANDEXPLAINING IN 1STACCOUNTING GRADE 10TH IN SMK SWASTA JAMBI MEDAN AT ACADEMIC YEAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114163 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
708114163 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
708114163 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
708114163 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
708114163 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
708114163 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114163 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114163 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114163 BAB I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
708114163 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
708114163 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Marry Go Round dan Student Facilitator and Explaining pada materi karakteristik hingga sistem pencatatan sistem persediaan pada perusahaan dagang di kelas X Akuntansi 1SMK Swasta Jambi Medan T.A. 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1dengan jumlah siswa 40 orang. Objek penelitiannya adalah Kolaborasi Model Pembelajaran Marry Go Round dan Student Facilitator and Explaining. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal essay, dan lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretes dengan rata-rata 46,62 sedangkan pada posttest I dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Marry Go Round dan Student Facilitator and Explaining mengalami peningkatan 21,75 point dengan rata-rata nilai posttest I 68,37, sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 15,38 dengan rata-rata nilai posttest II 83,75. Dan berdasarkan data hasil aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Untuk menguji signifikansi aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, digunakan rumus uji-t dan diperoleh thitung sebesar 2,93. Perhitungan ttabel diperoleh hasil sebesar 1,99 dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,93>1,99. Sehingga hasil belajar akuntansi pada post test I di siklus I dan post test II di siklus 2 adalah signifikan. Perhitungan thitung pada aktivitas belajar adalah 8,18 dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,18>1,99. Sehingga aktivitas belajar pada post test 1 di siklus 1 dan post test dua pada siklus 2 adalah signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Ban i |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Kolaborasi Model Pembelajaran Marry Go Round dan Student Facilitator and Explaining; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12869 |