Simanjuntak, Haholongan (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JINGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (01). 01-10. ISSN 1979-6684
cover.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
Haholongan Simanjuntak.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jingsaw melalui supevisi klinis. Metode penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian adalah guru kimia SMA sebanyak empat orang. Objek penelitian adalah penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jingsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model kooperatif tipe jingsaw. Hasil penelitian menunjukkan : (1) siklus pertama rata-rata nilai kemampuan guru kimia dalam merencanakan pembelajaran adalah 79,86 dalam kategori cukup dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jingsaw adalah 78,98 dalam kategori cukup; (2) siklus kedua rata-rata nilai kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran adalah 96,30 dalam kategori amat baik dan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe jingsaw adalah 94,31 dalam kategori amat baik. Hasil temuan peneliti menemukan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jingsaw.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Supervisi Klinis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:06 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1283 |