PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2013/2014

Simanjuntak, Sofia Monika (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.A. 2013/2014. Jurnal INPAFI, 02 (04). pp. 95-101. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI   Berbantuan Media Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa.pdf]
Preview
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Media Komputer terhadap Hasil Belajar Siswa.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35.55 dan nilai rata-rata pretes pada kelas kontrol 35.27. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1398 dan Ltabel = 0.1477. Pada kelas kontrol Lhitung = 0.1078 dan Ltabel¬ = 0.1477 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.045 dan Ftabel = 1.79 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer dengan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan I dan II adalah 15% dan persentase N-Gain aktivitas untuk pertemuan II dan III adalah 33.3 % yang termasuk pada kriteria sedang. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI adalah 72.50 dan dengan pembelajaran konvensional adalah 62.63. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t, terdapat perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media komputer terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Group Investigation; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:59
Last Modified: 15 Aug 2016 09:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item
View Item