Silaban, Dame S. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PAKKAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Besaran dan Satuannya di Kelas X Semester I SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I di SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 5 kelas yang berjumlah 150 orang, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 obtion dan lembar observasi. Hipotesis di uji dengan uji t dua pihak.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 38,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,0. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,596, ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata 76. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 3,978 dan tabel t = 2,57. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima dan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 67, 2% dengan kriteria cukup aktif, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuannya di kelas X semester I SMA Negeri 1 Pakkat T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Advance organizer; Model pembelajaran; Pembelajaran langsung; Konstruktivisme; Peta konsep; Guru; Praktikum; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 08:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1278 |