PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PAKKAT T.P. 2013/2014

Silaban, Dame S. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PAKKAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer pada materi pokok Besaran dan Satuannya di Kelas X Semester I SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I di SMA Negeri 1 Pakkat tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 5 kelas yang berjumlah 150 orang, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 obtion dan lembar observasi. Hipotesis di uji dengan uji t dua pihak.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 38,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 37,0. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,596, ttabel = 2,002, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,67 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai
rata-rata 76. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 3,978 dan tabel t = 2,57. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima dan aktivitas rataan siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 67, 2% dengan kriteria cukup aktif, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuannya di kelas X semester I SMA Negeri 1 Pakkat T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Advance organizer; Model pembelajaran; Pembelajaran langsung; Konstruktivisme; Peta konsep; Guru; Praktikum; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:08
Last Modified: 23 Sep 2016 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item
View Item