Hanum, Inu Shadra (2016) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKANMODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)DAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113131028. COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4113131028. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
3. NIM. 4113131028. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 4113131028. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. NIM. 4113131028. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 4113131028. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 4113131028. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 4113131028. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 4113131028. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
10. NIM. 4113131028. BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14. NIM. 4113131028. BAB V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
15. NIM. 4113131028. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil
belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning
(PBL) dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan
menggunakan kooperatif tipe Studen Teams Achievement Division (STAD) pada
materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar
siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas
eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan Problem Based
Learning (PBL) dan kelas eksperimen II menggunakan kooperatif Tipe Studen
Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil penelitian untuk kelas
eksperimen I diperoleh nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,70
sedangkan untuk kelas eksperimen II nilai rata – rata peningkatan hasil belajar
adalah 0,362. Hasil uji t diperoleh thit = 0,4 dan ttabel = 1,974 sehingga thitung < ttabel
yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima.koefisien determinasi pada eksperimen I
49% dan eksperimen II 13,1%. Uji t untuk hubungan antara peningkatan hasil
belajar terhadap sikap demokrasi siswa padaeksperimen I thitung 5,71 > ttabel
2,021dan kelas eksperimen II thitung 2,12 > ttabel 2,042 yang berarti menunjukkan
bahwa adanya hubungan antara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian di atas
maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan
hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based
Learning (PBL) dengan kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 002 |
Keywords: | Belajar Kimia; Ikatan kimia; Medai Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 07:42 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12743 |