Simanjuntak, Mariati Purnama (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 01 (02). pp. 107-113. ISSN 2337-4624
Implementasi model pembelajaran Kooperatif tipe NHT terhadpa hasil belajar siswa SMP pada materi Gaya dan Hukum Newton T.P. 2012.2013.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VIII pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton T.P 2012/2013 serta aktivitas belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 80 siswa yang dibagi dalam dua kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Pada kelas VIII-1 diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pada kelas VIII-2 dengan model pembelajaran konvensional. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan, siswa yang diajar dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan implementasi model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi pokok Gaya dan Hukum Newton T.P. 2012/2013
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT; Hasil Belajar; Gaya; Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 03:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1274 |