Nahampun, Heripeniopa (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENDAPATAN DAN PERSEPSI ORANGTUA PADA PENDIDIKAN TINGGI TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. NIM. 7123341041 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM. NIM. 7123341041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
3. NIM. NIM. 7123341041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. NIM. 7123341041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. NIM. 7123341041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. NIM. 7123341041 TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. NIM. 7123341041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. NIM. 7123341041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
12. NIM. NIM. 7123341041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM. NIM. 7123341041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat pendidikan, pendapatan dan persepsi orangtua pada pendidikan tinggi berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan persepsi orangtua pada pendidikan tinggi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi pada siswa siswa kelas xii ips sma negeri 1 siantar narumonda tahun ajaran 2015-2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yakni XII IPS 1 yang terdiri dari 32 orangtua siswa, XII IPS 2 yang terdiri dari 31 orangtua siswa, dan XII IPS 3 terdiri dari 32 orangtua siswa, sehingga total keseluruhan populasi tersebut yaitu 95 orangtua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, persepsi orangtua pada pendidikan tinggi,dan motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi rendah. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 13,333 + 0,503X1 + 0,316 X2 + 0,019 X3. Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil bahwa variabel tingkat pendidikan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dengan nilai (6,234>1,987),variabel pendapatan orangtua juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi,dengan nilai (4,493>1,987), namun variabel persepsi orangtua pada pendidikan tinggi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dengan nilai (0,393 <1,987).
Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji Fhitung, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan persepsi orangtua pada pendidikan tinggi secara bersama-sama terhadap motivasi orangtua melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016 dengan nilai Fhitung>Ftabel (65,329>1,987).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 011 |
Keywords: | Pendidikan Orangtua; Pendapatan Orangtua; Persepsi Orangtua; Motivasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 07:40 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12734 |