Simanjuntak, Mariati Purnama (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS VIDEO. Jurnal Pendidikan Fisika, 01 (02). pp. 55-60. ISSN 2252-732X
Fulltext.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pemahaman konsep fisika dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda. Peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa dinilai berdasarkan perbandinganrerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran pemecahan berbasis video pada topik kinematika dan dinamika partikel dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa, termasuk kategoi sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pendekatan pembelajaran; Pemecahan Masalah; Pemahaman Konsep; Berbasis Video; Kinematika; Dinamika partikel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 04:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1273 |