PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS VIDEO

Simanjuntak, Mariati Purnama (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS VIDEO. Jurnal Pendidikan Fisika, 01 (02). pp. 55-60. ISSN 2252-732X

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui pendekatan pembelajaran pemecahan masalah berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Data pemahaman konsep fisika dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan berganda. Peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa dinilai berdasarkan perbandinganrerata nilai gain yang dinormalisasi, N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran pemecahan berbasis video pada topik kinematika dan dinamika partikel dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa, termasuk kategoi sedang.

Item Type: Article
Keywords: Pendekatan pembelajaran; Pemecahan Masalah; Pemahaman Konsep; Berbasis Video; Kinematika; Dinamika partikel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Sep 2016 04:57
Last Modified: 23 Sep 2016 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item
View Item