PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (ANIMASI) DAN CHARTA PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA N1 NA IX-X AEK KOTA BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sipahutar, Tety Herlina (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (ANIMASI) DAN CHARTA PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA N1 NA IX-X AEK KOTA BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMA N1 IX-X Aek kota Batu yang menggunakan multimedia Animasi dan Charta pada sub materi pokok ekosistem. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N1 IX-X Aek kota Batu sedangkan sampel yang diambil adalah dua kelas yang diambil secara random.dimana kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunkan multimedia Animasi dalam pembelajarn biologi pada sub materi pokok Ekosistem, sedangkan kelas kontrol adalah kelas dimana pembelajaran menggunakan multimedia Charta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif yang berjumlah 20 butir soal dari 40 soal yang ada dan telah diuji validasinya. Data penelitian diawali dengan uji normalitas pada kedua kelas dan dilanjutkan dengan uji homogenitas. Dapat dilihat bahwa uji normalitas data setiap sampel < (lebih kecil) dari pada pada terapan signifikan = 0,05. Yaitu (2,55>2,00) Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua sample diatas berdistribusi Normal dan berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen / yang menggunakan media animasi adalah 71,11 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol yaitu 64,34. Maka dari itu dapat dilihat hasil belajar kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Animasi dan media Charta pada materi ekosistem di kelas X SMA N1 Na IX-X Aek Kota Batu,Tahun pembelajaran 2015/2016
Jadi perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan media animasi dan charta sebesar 6,77 ini dapat diketahui dari hasil uji t bahwa thit > ttab (2,55>2,00) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesa alternative dapat diterima, dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunkan multimedia Animasi dan multimedia Charta di SMA N1 NA IX-X Aek kota batu kisaran tahun pelajaran 2015-2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 129
Keywords: Multi Media Animasi; Charta; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:49
Last Modified: 15 Aug 2016 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item
View Item