Simanjuntak, Mariati Purnama (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS VIDEO TERHADAP METAKOGNISIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 03 (01). 08-15. ISSN 2252-732X
Pengembangan model pembelajaran problem solving berbasis video terhadap metakognisis dan pemahaman konsep fisika.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
Abstract
Dikembangkan model pembelajaran fisika berbasis masalah. Model ini dikembangkan dengan menggunakan metode research & development (R&D). Model pembelajaran problem solving yang berhasil dikembangkan dengan fase-fase pembelajaran, yaitu mengorientasikan mahasiswa pada masalah mengorganisasi mahasiswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil penyelidikan; dan penguatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika di salah satu perguruan tinggi di Medan pada tahun akademik 2010/2011 yang terdiri dari 25 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam ujicoba terbatas adalah penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttiest control group design. Data metakognisi dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian dan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan skor gain dinormalisasi N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan metakognisi dan pemahaman konsep pada topik kinematika dan dinamika dalam kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving; Metakognisi; Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 04:44 |
Last Modified: | 01 Apr 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1270 |