Darwin (2014) POLA “TEAM TEACHING” DOSEN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 06 (02). pp. 31-42. ISSN 1979-6684
Pola team teaching dosen.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran tentang pelaksanaan pengajaran beregu (team teaching) yang dijalankan dosen PTB FT Unimed Medan. (2) Merekomendasikan pola alternatif team teaching yang relatif tepat bagi dosen pada mata kuliah keteknikan. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan (mixing method). Instrumen utama adalah peneliti melalui pengamatan dan terlibat langsung dalam proses pengajaran. Instrumen lainnya adalah format isian. Sumber data adalah dosen Prodi PTB FT Unimed Medan baik dosen senior maupun dosen junior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyelenggaraan team teaching dosen Prodi PTB FT Unimed Medan, pada umumnya belum berjalan sesuai dengan kaidah dan konsep “team teaching”. (2) Belum adanya aturan yang tegas dalam bentuk kebijakan atau pedoman pelaksanaan “team teaching” baik dari jurusan/Prodi maupun dari fakultas. Padahal hampir semua pembelajaran mata kuliah penyelenggaraan melalui “team teaching”. Oleh karena itu, direkomendasi pola team teaching bagi dosen PTB FT Unimed yang dijiwai atas dasar kebersamaan anggota tim, baik kebersamaan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kebersamaan dalam melakukan umpan balik tentang efisiensi dan upaya peningkatan mutu proses pembelajaran secara berencana dan berkelanjutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Team Teaching; Pattern; Lecturer; The Quality of Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 08:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1269 |