Karo, Yuni Theresia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMI KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 PARBULUAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123121087 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM.4123121087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM. 4123121087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM 4123121087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 4123121087 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 4123121087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 41123121087 Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM. 4123121087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 4123121087 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM. 4123121087 BAB V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. NIM. 4123121087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah
pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis
di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Parbuluan yang
terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 2
(sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang
masing-masing berjumlah 30 siswa ditentukan dengan teknik cluster random
sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan
model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation)
dengan metode curah pendapat (brainstorming) dan kelas kontrol dengan
pembelajaran konvensional. Data penelitian ini ada dua macam yaitu hasil belajar
dan observasi aktivitas siswa.
Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,67. Karena
thitung > ttabel maka Ho ditolak,yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada
materi Fluida Dinamis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat
(brainstorming) terhadap hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran
konvensional di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P.
2015/2016 dengan besar persentasi pengaruh model adalah 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 040 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Kooperatif Tipe Kelompok Investigasi;Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12682 |