Dyan, Aprilista Putri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 BINJAI T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321004 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4113321004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4113321004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4113321004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4113321004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113321004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4113321004 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4113321004 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2014 / 2015.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2014 / 2015. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari tujuh kelas, yaitu kelas X-PMS3 kelas eksperimen diterapkan model discovery learning, dan kelas X-PMS2 kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) Tes hasil belajar di validkan oleh validator dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas dan psikomotorik.Berdasarkan hasil penelitian dikelas eksperimen diperoleh peningkatan aktivitas dalam kategori baik dan psikomotorik termasuk dalam kategori cukup baik. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model discovery learning diperoleh rata-rata Pre-test 37 dengan standard deviasi 10,92 dan nilai rata-rata Post-test 68,14 dengan standard deviasi 10,78. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 38,71 dan standard deviasi 13,52 sedangkan rata-rata Post-test 62,86 dengan standard deviasi 8,76. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,29 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel (2,29 >1,668) maka H diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 176 |
Keywords: | Discovery Learning; Konvensional; Hasil Belajar; dan Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12659 |