PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN GURU-GURU SMA DI KABUPATEN DAIRI DAN PAKPAK BHARAT

Sinuraya, Juru Bahasa and Simatupang, Halim (2013) PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN GURU-GURU SMA DI KABUPATEN DAIRI DAN PAKPAK BHARAT. Jurnal Pelita Pendidikan, 01 (01). pp. 20-34. ISSN 2338-3003

[thumbnail of Full Text, Cover.pdf]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Kajian ini bertujuan memberikan gambaran kepada kita tentang penerapan model pengembangan mutu pendidikan guru-guru SMA di Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat. Kegiatan PM-PMP ini adalah peningkatan kemampuan pedagogik guru-guru SMA di Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. Peningakatan Pedagogik yang dimaksud adalah peningkatan kemampuan guru-guru SMA dalam mengembangkan dan melaksanakan RPP berbasis SCL (Student Center Learning). Peningkatan kemampuan pedagogik guru-guru dilakukan melalui workshop pengembangan RPP berbasis SCL bagi guru-guru SMA Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat. RPP yang dihasilkan dilanjutkan dengan kegiatan implementasikan pada kelas real teaching untuk melihat dampak terhadap proses dan hasil belajar siswa. Diperoleh hasil belajar siswa dan penilaian RPP, proses belajar mengajar Kabupaten Dairi terdiri dari 3 sekolah yaitu (1) Kabanjahe (Pretes : 75,86 Postes 82,45 dan APKG I : 32,35 dan APKG II : 3,47), (2) SMA Negeri 1 Sumbul (Pretes : 75,49 Postes 82,45 dan APKG I : 3,35 dan APKG II : 3,47). (3) SMA Negeri I Lae Parira (Pretes : 75,49 Postes 82,45 dan APKG I : 3,35 dan APKG II : 3,47 ). Untuk kabupaten Pakpak Bharat (Pretes : 61,91 Postes 75,08 dan APKG I : 3,55 dan APKG II : 3,50). Peningkatan hasil belajar tersebut berkaitan dengan pendekatan yang diterapkan guru dalam pembelajaran. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan pembelajaran berbasis “student center learning” dengan penerapan pendekatan tersebut proses belajar mengajar beralih dari yang selama ini berpusat kepada guru, sekarang pembelajaran beralih ke siswa, dimana guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Model pengembangan; Mutu pendidikan; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2016 05:07
Last Modified: 25 Apr 2016 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item
View Item