PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I

Bukit, Nurdin and Sinuraya, Juru Bahasa and Tarigan, Ratelit (2013) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA UMUM I. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 09 (01). pp. 18-27. ISSN 1693-1246

[thumbnail of Full Text, Cover.pdf]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana nilai pemberian tugas dan hasil belajar serta aktivitas mahasiswa selama perkuliahan Fisika Umum I melalu pemanfaatan sumber belajar berbasis CTL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisikakelas C angkatan 2010/2011 sebanyak 36 orang yang mengikuti matakuliah Fisika Umum I. Instrumen yang digunakan selama penelitian adalah; (1) tes hasil belajar, (2) lembar aktivitas.(3) tugas- tugas yang diambil dari buku-buku pada perpustakan dan tugas yang ada pada bahan ajar, (4) membuat riset mini di labo ratorium. Dalam penelitian ini digunakan dua siklus yakni siklus I meliputi materi vektor dan kinematika partikel, sedangkan pada siklus kedua meliputi materi dinamika partikel.Hasil penelitian diperoleh aktivititas belajar mahasiswa Fisika Umum I, termasuk katagori baik (81,59), sedangkan hasil belajar yang dicapai pada siklus I cenderung berada pada tingkat katagori cukup baik (71,94), dan hasil belajar pada siklus II cenderung berada pada tingkat katagori baik (82,13). Melalui inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran melalui pengoptimalan pemanfatan penggunaan sumber belajar berbasis CTL cukup baik untuk mengefektifkan dan memberi pengaruh yang signifikanterhadap hasil belajar perkuliahan Fisika Umum I.

Item Type: Article
Keywords: Learning resources; Kualitas pembelajaran; Contextual teaching and learning; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2016 04:49
Last Modified: 25 Apr 2016 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item