Sinuraya, Juru Bahasa and Harahap, Fitriani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PENGUKURAN KELAS VII SEMESTER I MTS N 2 MEDAN T.P 2012/2013. Jurnal INPAFI, 01 (01). pp. 34-40. ISSN 2337-4624
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan pengukuran di kelas VII Semester I MTs Negeri 2 Medan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pre trst post test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 360 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t.Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Suhu dan Pengukuran di MTs Negeri 2 Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Inquiry training; Model pembelajaran; Suhu; Pengukuran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 04:42 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1262 |