Nasution, Khairun Nisak (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII MTS SWASTA PAB 3 HELVETIA LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111111013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4111111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4111111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4111111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4111111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4111111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4111111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4111111013 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
4111111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4111111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII MTs Swasta PAB 3 Helvetia Labuhan Deli Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs PAB 3 Helvetia Labuhan Deli dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A kelas VIII-B sebanyak 61 orang. Jenis penulisan ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes PAM yang diambil dari 15 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran berbasis masalah adalah 64,37 dengan simpangan baku 9,47 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang diberi pembelajaran langsung adalah 45,38 simpangan baku 7,05. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=8,865 dan t_tabel=2,001. Ternyata t_hitung>t_tabel, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 119 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12618 |