Afrida, Elfrina (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-3 MTS AMIN DARUSSALAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311013 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113311013 LEMABR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4113311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4113311013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4113311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4113311013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4113311013 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4113311013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4113311013 BAB I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
4113311013 BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4113311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat setelah menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) di kelas VII-3 MTs Amin Darussalam T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa MTs Amin Darussalam kelas VII-3 dengan jumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebanyak 3 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah II sebanyak 3 soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 orang siswa (62,85%) dengan rata-rata kelas 72,57. Hasil analisis data akhir siklus II dengan menerapkan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 30 orang siswa (85,71%) dengan rata-rata kelas 81,27. Dari siklus I ke siklus II diperoleh jumlah peningkatan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 orang siswa (22,85%). Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan segiempat di kelas VII-3 MTs Amin Darussalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 163 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematika; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12612 |