Juliarta, Fresly (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311018 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4113311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4113311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4113311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4113311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4113311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4113311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
4113311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4113311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan dengan penerapan pembelajaran konteksual (CTL) .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan T.A 2014/2015 yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 17 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran, lembar observasi digunakan untuk melihat hasil belalajar siswa dan mendukung penggunaan pembelajaran kontekstual (CTL). Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah teknik/metode analisis.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi pembelajaran serta di akhir dari siklus diberikan tes hasil belajar. Dari siklus I diperoleh skor hasil belajar yang menunjukkan belum adanya siswa di kategori tinggi sehingga belum memenuhi target peneliti, sedangkan di siklus II diperoleh skor hasil belajar siswa dalam kategori baik juga menunjukkan hasil belajar siswa sudah ada di kategori tinggi dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I mencapai 66,38% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 80,83% dengan kategori baik. Pada tes hasil belajar I dari 32 orang siswa sebanyak 22 siswa (68,75%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 10 siswa lainnya (31,25%) belum tuntas. Pada tes hasil belajar II, sebanyak 28 orang (87,5% ) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang siswa lainnya (12,5%) tidak tuntas.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 104 |
Keywords: | Pembelajaran Konseptual;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12591 |