Sinuraya, Juru Bahasa (2010) INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DAN PENGOPTIMALAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STATISTIKA DASAR. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 02 (01). 01-09. ISSN 2085-5281
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) tingkat kecenderungan peningkatan aktivita hasil belajar, (b) tingakat kecenderungan hasil belajar, (c) pengaruh nilai tugas terhadap hasil belajar mahasiswa, dan (d) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dengan inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik TPS (think pairs share) melalui pengoptimalan penggunaan sumber belajar. Subyek penelitian ini adalah mahasiwa angkatan 2007 yang sedang mengikuti mata kuliah Statistika Dasar. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu format observasi dan tes hasil belajar, dan statistik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase dan analisis regresi linier.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa: ada kecenderungan peningkatan yang cukup baik nilai tugas, aktivitas belajar mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa sebagai akibat dari inovasi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik TPS (think pairs share) melalui pengoptimalan penggunaan sumber belajar yang ada di UNIMED. Terdapat hubungan fungsional (pengaruh) yang signinifikan antara nilai tugas dengan hasil belajar, dan nilai aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah statistikia dasar di Jurusan Fisika FMIPA UNIMED.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Inovasi; Pengoptimalan; Sumber belajar; Model pembelajaran; Statistika |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 03:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1258 |