Holidah, Rizki (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN BANTUAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP N 2 LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311045 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
409311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
409311045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
409311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
409311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409311045 BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
409311045 BAB V.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
409311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD Di Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-7 dengan banyak siswa 31 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 4 siswa (12,90%) dan di akhir siklus II meningkat hingga mencapai 26 siswa (83,87%). Dari akhir siklus II diperoleh bahwa persentase aktivitas aktif siswa telah memenuhi kriteria keaktifan klasikal yaitu ≥ 75% siswa memiliki persentase aktivitas ≥ 70%. Hasil analisis tes hasil belajar yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan I dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar (≥ 70) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 19 siswa (61,29%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 70,484. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, hasil belajar siswa (≥ 70) secara klasikal telah tercapai yaitu 30 siswa (93,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,742. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 70,97%. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 30,21%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Hol p |
Keywords: | Hasil Balajar; Materi Belajar; Bentuk Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12552 |