INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS METODE INKUIRI DAN BLENDED LEARNING PRODI PENDIDIKAN FISIKA FMIPA UNIMED

Sinuraya, Juru Bahasa and Motlan and Tarigan, Ratelit (2012) INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS METODE INKUIRI DAN BLENDED LEARNING PRODI PENDIDIKAN FISIKA FMIPA UNIMED. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 01 (01). pp. 17-25. ISSN 2301-7651

[thumbnail of Full Text, Cover.pdf]
Preview
Text
Full Text, Cover.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk menghasilkan disain strategi pembelajaran berbasis metode inkuiri dan blended learning yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika umum I mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unimed. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Untuk menghasilkan disain inovasi strategi pembelajaran fisika umum berbasis metode inkuiri dan belended learning digunakan model disain Dick dan Carey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, beberapa simpulan yang dapat dideskripsikan adalah: (1) sintak disain inovasi strategi pembelajaran fisia umum I berbasis metode inkuiri dan blended learning terdiri dari tujuh tahapan, yaitu: (a) identifikasi web yang sesuai kompetensi, (b) menyusun RPP dan perangkat yang dibutuhkan, (c) orientasi dan kontrak perkuliahan, (d) menyusun bahan presentasi/laporan bersumber dari internet dan sumber lain oleh masing-masing kelompok (dilakukan luar tatap muka), (e) presentasi dan pembahasan tugas/makalah disertai penilaian presentasi menggunakan format observasi dan format penilaian, (f) melalukan tes kompetensi, (g) memberikan balikan hasil tes kompetensi dan tindak lanjut, (2) hasil uji coba inovasi strategi pembelajaran yang dihasilkan beserta perangkat-perangkat pendukungnya oleh para ahli dan mahasiswa sebagai pengguna secara keseluruhan sudah mencapai kategori baik (layak digunakan dengan beberapa perbaikan).

Item Type: Article
Keywords: Inovasi; Strategi pembelajaran; Inkuiri learning; Blended learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 18 Apr 2016 10:37
Last Modified: 25 Apr 2016 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item
View Item