Munthe, Afrodita (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTS AMDA PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111311001 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4111311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4111311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4111311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4111311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4111311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4111311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4111311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4111311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
4111311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4111311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII MTs Amda Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 MTs Amda Percut Sei Tuan yang berjumlah 36 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Amda Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata pemecahan masalah matematika siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II, yakni dari 44,86 (44,86%) dengan tingkat kemampuan sangat rendah di tes awal menjadi 70,65 (70,65%) dengan tingkat kemampuan sedang di siklus I dan menjadi 82,41 (82,41%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat di kelas VII MTs Amda Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 107 |
Keywords: | Matematika Realistik; Pemecahan Masalah; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12529 |