Siringo-ringo, Desma Riana (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBALJARANA INKUIRI PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP SWASTA SANTA MARIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111511002 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4111511002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4111511002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4111511002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4111511002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4111511002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4111511002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4111511002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4111511002 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
4111511002 BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4111511002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap pelajaran matematika melalui model pembelajaran inkuiri pada materi bangun datar segi empat di kelas VII-A SMP Santa Maria Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Actoin Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Swasta Santa Maria sebanyak 39 siswa dan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap akhir siklus diberi tes berpikir kritis berupa tes uraian yang terdiri dari 4 soal yang telah divalidasi oleh validator. Dalam penelitian ini kriteria siswa yang mencapai skor pada interval 70 digunakan sebagai acuan dalam melanjutkan tindakan pada siklus berikutnya atau tidak. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 27 orang siswa (69,23%) yang mencapai skor pada interval lebih besar dari atau sama dengan 70 dengan nilai rata-rata sebesar 74,20. Pada siklus II diperoleh data bahwa 34 orang siswa (87,17%) telah mencapai skor pada interval lebih besar dari atau sama dengan 70 dengan nilai rata-rata 84,94. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai skor pada interval lebih besar dari atau sama dengan 70% yaitu sebanyak 6 orang siswa atau (15,38%), dan nilai rata-rata meningkat sebesar 10,74. Skor pengamatan aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,85 dan 3,2 pada siklus II, mengalami peningkatan sehingga aktivitas siswa berada pada interval 2,2% â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 100 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12507 |