PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA BUDI MULIA MEDAN T.P. 2014/2015

Syahputra, Andry (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP SWASTA BUDI MULIA MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408321003 COVER.pdf]
Preview
Text
408321003 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408321003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408321003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408321003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408321003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408321003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408321003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408321003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 BAB I.pdf]
Preview
Text
408321003 BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 BAB V.pdf]
Preview
Text
408321003 BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 408321003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408321003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gayadi kelas VIIISemester II SMP Swsata Budi Mulia T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimendengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Budi Mulia yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 16 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,8 dengan standar deviasi 7,6 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 32,5 dengan standar deviasi 6,5. Hasil uji t diperoleh thitung = 0,704 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung< ttabel (0,704< 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuana walsiswapadakelaseksperimensamadengankemampuanawalsiswapadakelaskontrol.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,3 dengan standar deviasi 4,9 dan kelas kontrol 67,3 dengan standar deviasi 4,9. Hasil uji t diperoleh thitumg = 7,849danttabel = 1,671. Sehinggathitumg>ttabel(7,849>1,671) maka Haditerima, dengan demikian kesimpulan bahwaadapengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatanhasilbelajarsiswapadamateri pokok Gaya di kelas VIIISemester II SMP Swasta Budi Mulia T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 165
Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa, Gaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item
View Item