Sari, Yuli Iman (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 2 SEI RAMPAH T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111084 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4113111084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4113111084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4113111084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4113111084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113111084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111084 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4113111084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4113111084 BAB I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4113111084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu satu sebagai kelas eksperimen I dan satu sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) . Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen I sebesar 72,90, dan nilai rata-rata hasil belajar (posttes) siswa di kelas eksperimen I sebesar 61,97.Hasil perhitungan uji normalitas nilai posttes siswa di kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,1080 dan Ltabel = 0,161, karena L0 < Ltabel yaitu 0,1080 < 0,161 maka sebaran data di kelas eksperimen 1 berdistribusi normal. Sedangkan di kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0,1238 dan Ltabel = 0,161. karena L0 < Ltabel yaitu 0,1238 < 0,161 maka sebaran data di kelas eksperimen 2 berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,47 dan Ftabel = 1,81. Diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel yakni 1,47 < 1,81 maka kedua kelas homogen. Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji statistik-t diperoleh nilai thitung = 2,14 dan ttabel = 2,002, thitung tidak berada dalam interval yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP N 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 138 |
Keywords: | - |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12491 |